Ubuntu Pasuruan

id-ubuntu Sub Loco Pasuruan

Instalasi Squid Proxy pada Ubuntu

Posted by admin on March 5, 2008

Dibawah ini adalah gambaran singkat instalasi squid pada ubuntu:

1. Install squid

$ sudo apt-get install squid squid-common

2. Copy file /etc/squid/squid.conf

$ sudo cp /etc/squid/squid.conf /etc/squid/squid.conf.original
$ sudo chmod a-w /etc/squid/squid.conf.original

3. Konfigurasikan squid

$ sudo gedit /etc/squid/squid.conf

http_port 3128 transparent
cache_mem 32 MB
cache_dir ufs /cache 1600 4 256
negative_ttl 2 minutes
maximum_object_size 1024 KB
minimum_object_size 4 KB
visible_hostname myServer
http_access allow manager localhost
cache_swap_high 100%
cache_swap_low 80%

Untuk settingan lengkapnya yang baik tentang konfigurasi squid, bisa dicari di google🙂 Panduan setting squid dari http://www.squid-cache.org adalah:

Configuration Guide – 2.6
Configuration Guide – 3.0

Setelah konfigurasi selesai, simpan konfigurasi tersebut.

4. Buat Transparent Proxy menggunakan IPTables

Meredirect port 80 ke port squid 3128

$ sudo iptables -A PREROUTING -t nat -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 3128

5. Restat squid

$ sudo /etc/init.d/squid restart

6. Monitoring squid

Untuk memonitor squid, bisa menginstall beberapa tools, diantaranya bisa dilihat disini

Sumber :

14 Responses to “Instalasi Squid Proxy pada Ubuntu”

  1. Endri said

    Saya punya warnet dengan 8 client (windows). Saya ingin membuat 1 komputer untuk dijadikan proxy server (ubuntu). Modem 192.168.1.1, saya menggunakan speedy. Bagaimana cara konfigurasinya dari awal. Tolong di jelaskan secara detail. Bila berkenan tolong dikirimkan ke email.
    Terima kasih
    Endri-Tangerang

    Jawab:
    mas endri, Anda bisa klik dibawah ini:
    disini=>https://ubuntupasuruan.wordpress.com/2008/03/05/setting-transparent-proxy-menggunakan-squid-di-ubuntu/

    atau
    disini=> https://ubuntupasuruan.wordpress.com/2008/03/05/instalasi-squid-proxy-pada-ubuntu/

  2. putrabunguran said

    saya sudah coba install squid dengan perintah sudo apt-get install squid. tapi yang mucul pesan E: couldn’t find package squid kira-kira masalahnya apa ya? internetnya sudah tersambung lewat dhcp mikrotik. saya sudah coba ping ke google.com atau yahoo.com semuanya ok.

    jawab:
    masak gitu ya mas? itu berarti repo sources.list nya ndak beres, diedit aja sources.list nya pake repo server indonesia biar proses install lebih kenceng. atau klo menurut saya sebaiknya intall lewat DVD Repo nya aja😀 biar lebih makyuzz

  3. zufikar said

    saya mau buat koneksi dari php ke squid.conf, bisa bantu saya dapatkan script phpnya?

  4. Damoh said

    mas aku mo tanya, apa kita harus menghapus semua line di squid.config trus kita ganti dgn script config yang barru?
    Tolong pencerahannya ya maklum newbie nih

    thanks

    Jawab:
    anda backup dulu file asli squid.conf menjadi squid.conf.copy misale, trus file squid.conf anda edit sesuai kebutuhan. sebaiknya ga perlu dihapus mas… Tq😀

  5. kafein said

    wah thx banget mas😀 oh iya btw browsernya harus di atur tidak bang ?

  6. abnisrea said

    mas gemana bikin ubuntu bisa jadi router untuk 2 speedy / load balance, trus gemana install videocache, tolong dibantu step by step mas yang pinter n cakep…. tks

  7. reza said

    mas klo dah ke install trus gmn implementasi lanjutannya???

  8. suendri said

    mas tanyanih.. tapi agak lain ya.. saya ada install ubuntu, trus tanpa sengaja menubarnya saya buat ke bawah, eh bar yang dibawah malah berlimpitan, nggak bisa di buat lagi keatas, nggak bisa diapa2in lagi.. gimana nih mas , bantuin dunk… suendri@gmail.com

  9. rocky said

    rocky
    tutor videocachenya doonk om

  10. rastantio said

    ijin nyimak dan bertanya mas,,
    terima kasih sebelomnya,,
    saya udah install ubuntu 10.10 maverick,, saya juga sudah coba instal squid,, cuman ada kendala dalam pengkopian file squid yg udah saya download ke /etc/init.d/ karena saya tidak perintah selanjutnya setelah cp
    kemudian saya juga ada kendala pada /etc/init.d/squid restart mas,,
    kemudian bagaimana caranya kita tahu, kalau squid sudah terinstal dengan sempurna.
    proses apa lagi yang harus saya lakukan untuk bisa menjadikan ubuntu proxy squid lusca saya ini agar menjadi sempurna untuk server diwarnet saya.

    saya mencoba menyetting mikrotik dan squid lusca ubuntu agar bisa menyempurnakan kinerja diwarnet saya, saya pake 6 client dg sistem windows. speedy.

    terima kasih buat sarannya,,

  11. dhevia said

    mas,kalo keterangan squidnya

    2011/04/21 09:31:30| aclParseIpData: WARNING: Netmask masks away part of the specified IP in ‘192.168.197.1-192.168.197.255/255.255.255.0’
    2011/04/21 09:31:30| Squid is already running! Process ID 5463

    harus gimana??

  12. syadzlin hj husin said

    hi, minta maaf yer, harap sy boleh tumpang tanya, bagaimana setting nya di dalam squid.config untuk connect ke database di luar squid? saya nak buat supaya data yg disimpan didalam file *.txt di transfer ke dalam 1 database. skarang masalahnya sy tidak dapat connect dari database yang sy create ke squid proxy server. sy ade menggunakan squid log tp tidak berhasil or maybe configuration sy yang silap..harap dapat dibantu. tq.

  13. andy said

    mas gimana cara agar di client yang windows bisa main game online semacam point blank, soalnya kalo pake squid gamenya kagak bisa

Leave a Reply

 
