Ubuntu Pasuruan

id-ubuntu Sub Loco Pasuruan

Membuat Router Load Balancing Menggunakan Linux Ubuntu

Posted by admin on March 2, 2008

Satu Router Untuk 2 Koneksi ISP

Di sekolah tempat saya bekerja ada 2 koneksi internet, kok banyak amat ya? karena di sekolah saya untuk aktifitas berinternet-ria sangat tinggi, maklum sekolah IT😀 .dulu awalnya pake telkom speedy, teman² tahu sendirilah kualitas dari speedy emang sering bikin pelanggannya kecewa. walhasil harus tambah satu keneksi lagi selain telkom, dipilihlah ISP yang dikenal paling bagus servicenya di kota Bangil yaitu Spin-Net. OK sekarang Jalan dgn 2 ISP. koneksi dari speedy dipake untuk pembelajaran di Lab_TKJ sedangkan koneksi dari ISP satunya lagi dipake untuk ruag TU dan ruang Guru. belum berlangsung satu bulan para guru yang mengajar TKJ mengeluh karena katanya speedynya lambat dan sering RTO(request time out), saya disuruh nyoba internetan di Lab_TKJ ternyata memang ga bagus. saya periksa topologinya sepertinya sudah terpasang dengan benar, kemudian lakukan ping yahoo.com dan hasil time reply nya sangat besar (rata² 2371ms), saya lanjutkan ping ke DNS servernya spedy(ping 202.134.0.155) hasilnya memang banyak RTO nya alias sering Disconnect. salah satu guru tanya ke saya “kenapa mas pur” trus saya jawab “sumber masalahnya emang dari telkomnya pak” dan saya coba telpon ke 147 jawabannya kurang memuaskan. yah begitulah layanan telkom…. daripada pusing saya tawarkan untuk menggabunggabungkan 2 koneksi tersebut dalam satu PC Router. koneksi pertama dari telkom speedy dan keneksinya kedua dari spinnet. maka jadilah satu ruoter dengan 2 koneksi isp dimana ketika salah satu koneksi padet bgt tarafiknya atau bahkan drop maka secara otomatis router akan langsung mengambil jalan ke koneksi yang satunya sehingga koneksi jadi seimbang (namanya juga Load balancing)😀

konfigurasi jaringan yang saya gunakan di router sekolah adalah sebagai berikut:

Sambungan ADSL melalui eth2 IP address 192.168.1.222
dengan gateway IP 192.168.1.1.

dari Spin-net melalui eth0 IP address 203.134.148.2 melalui WiFi / Wireless
dengan gateway 203.134.148.1Sambungan LAN melalui eth1 IP address 192.168.0.222.

Langkah konfigurasi pc-router menggunakan linux ubuntu adalah sebagai berikut.

$ sudo bash
tekan [enter] hingga muncul tanda string ( # )
Edit informasi interface pada file /etc/network/interfaces, dapat dilakukan menggunakan vi

# vi /etc/network/interfaces

Informasi penting yang perlu di-edit pada file interfaces adalah

auto eth0
iface eth0 inet static
address 203.134.148.2
netmask 255.255.255.240

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.0.222
netmask 255.255.255.0

auto eth2
iface eth2 inet static
address 192.168.1.222
netmask 255.255.255.0

Install aplikasi layanan ssh agar bisa remote dari komputer klien

# apt-get install openssh-server
# /etc/init.d/ssh restart

Selanjutnya kita perlu menset routing dan load balancing yang secara sederhana adalah sebagai berikut

# /sbin/ip link set lo up
# /sbin/ip link set eth0 up
# /sbin/ip link set eth1 up
# /sbin/ip link set eth2 up

# /sbin/ip route flush table adsl
# /sbin/ip route flush table spinnet
# /sbin/ip route flush table internet

# /sbin/ip addr add 127.0.0.1/8 brd 127.0.0.255 dev lo

# /sbin/ip addr add 192.168.1.222/24 brd 192.168.1.255 dev eth2
# /sbin/ip addr add 203.134.148.2/28 brd 203.134.148.15 dev eth0
# /sbin/ip addr add 192.168.0.222/24 brd 192.168.0.255 dev eth1

# /sbin/ip rule add prio 10 table main
# /sbin/ip rule add prio 20 table adsl
# /sbin/ip rule add prio 30 table spinnet
# /sbin/ip rule add prio 40 table internet

# /sbin/ip route del default table main
# /sbin/ip route del default table adsl
# /sbin/ip route del default table spinnet
# /sbin/ip route del default table internet

# /sbin/ip rule add prio 20 from 192.168.1.0/24 table adsl
# /sbin/ip route add default via 192.168.1.1 dev eth2 src 192.168.1.222 proto static table adsl
# /sbin/ip route append prohibit default table adsl metric 1 proto static
# /sbin/ip rule add prio 30 from 203.134.148.0/28 table spinnet
# /sbin/ip route add default via 203.134.148.1 dev eth0 src 203.134.148.2 proto static table spinnet

# /sbin/ip route append prohibit default table spinnet metric 5 proto static# Set up load balancing gateways
# /sbin/ip rule add prio 40 table internet
# /sbin/ip route add default proto static table internet
# nexthop via 192.168.1.1 dev eth2 weight 1
# nexthop via 203.134.148.1 dev eth0 weight 1

Konfigurasi di atas membutuhkan tiga (3) tabel routing tambahan, yaitu, adsl, spinnet dan internet yang kita masukan dalam file /etc/iproute2/rt_tables, isinya kira-kira sbb,

120 adsl
121 spinnet
123 internet

Selanjutnya kita perlu menset NAT / proxy agar dapat sekaligus melakukan NAT ke dua (2) interface yang berbeda, yaitu, 192.168.1.222 dan 203.134.148.2. Adapun perintahnya adalah sebagai berikut,

# /bin/echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
# /sbin/iptables -F
# /sbin/iptables -P INPUT DROP
# /
# /sbin/iptables -A INPUT -i eth1 -j ACCEPT
# /sbin/iptables -A INPUT -i eth0 -p tcp -s 0/0 –dport 25 -j ACCEPT
# /sbin/iptables -A INPUT -i eth2 -p tcp -s 0/0 –dport 25 -j ACCEPT
# /sbin/iptables -A INPUT -m state –state ESTABLISHED,RELATED -j ACCEPT
# /sbin/iptables -A INPUT -p tcp -i eth0 -j REJECT –reject-with tcp-reset
# /sbin/iptables -A INPUT -p tcp -i eth2 -j REJECT –reject-with tcp-reset
# /sbin/iptables -A INPUT -p udp -i eth0 -j REJECT –reject-with icmp-port-unreachable
# /sbin/iptables -A INPUT -p udp -i eth2 -j REJECT –reject-with icmp-port-unreachable
# /sbin/iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth2 -j SNAT –to 192.168.1.222
# /sbin/iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j SNAT –to 203.134.148.2

booting ulang atau restart komputer
# reboot

Selesai dah pekerjaan bikin PC Router dengan Load Balancing.

15 Responses to “Membuat Router Load Balancing Menggunakan Linux Ubuntu”

  1. rizko said

    artikel yang sangat menarik

    saya tertarik sekali dengan apa yang mas lakukan, saya ingin sekali mencobanya di kantor saya, saya ingin menggabungkan ADSL Speedy Office + Akses Internet dari Pemprov ke 1 PC Router.

    jika mati lampu dan PC Router mati, apa mesti setting ulang lagi ? bisa dibikinin shellnya mas ?

    Jawab:
    Mas Rizki utk bikin load balancing spt ini, silahkan mas langsung praktekin aja mirip artikel disini, ntar klo ada troble/error bisa konsultasi disini😀
    trims

  2. mas tanya kalau di fedora apa bisa

  3. mas tanya saya uda bisa di fedora akan tetapi apakah benar artikelnya sampiyan ini cuman bisa menambah kan BW dalam arti isp1+isp2…coz aku coba kenyataanya gitu..
    saya pengen pas speedy satu down dia bisa backup ke speedy2

    mohon penjelasannya serta tolong capturekan hasilnya

    tq

    Jawab:
    mas, yg namanya load balancing itu ya ketika isp1 down secara otomatis router ambil jalan ke ISP2, klo kedua isp down ya udah tau sampean alasannya.
    Saran: Jgn ambil koneksi dari satu provider kayak sampean itu (sama² speedy) karena klo link speedy down ya udah sampean ga bisa konek kedua²nya.
    So, mesti ambil 2 ISP yang berbeda. (Ex: 1 koneksi dari speedy, satunya lagi ambil dari spin-net, indonet , atau yg laen selain telkom speedy. trim’s

  4. mas kok g dibalas yaa
    tolong dong mas

  5. tolong jgan asal posting aja tapi bok yo ditanggapin itu pesan saya

    maaf kalau kata2 saya ksaar.

    Jawab:
    sorry mas, akhir² ini saya tdk sempat online karena blablablabla :p jadi sabar ya🙂

  6. gini mas uda saya coba tidak bisa…..jadi kesimpulan nya ini hanya bisa menambah BW..tidak bisa load balancing jika salah satu down
    coba sampiyan liat di table routing…kalau bisa tolong serta kan hasil capture nya yaaaa

  7. […] sumber : https://ubuntupasuruan.wordpress.com/2008/03/02/membuat-router-load-balancing-menggunakan-li… 0 Comments […]

  8. usop said

    mas mana artikelnya…………………………………..
    ayas butuh

  9. undang said

    mas bagaimana kalo salah satu IP ISP nya dinamik,
    configurasinya gemana mas

  10. indra said

    Salam kenal…
    Gambaran jaringannya bagaimana???
    Saya rencana mau coba buat router loud balancing di tempat kerja saya.
    Terima kasih…

  11. […] sumber : https://ubuntupasuruan.wordpress.com/2008/03/02/membuat-router-load-balancing-menggunakan-li… […]

  12. hattaabdulmalik said

    mas untuk masalah DNS yang berbeda dari 2 isp gimana solusinya, sehingga untuk dns dan port YM teratasi. thanks

  13. qqon said

    Alternatif kalo gabungin 2 isp tapi clientnya mau dibagi-bagi, ada yg pake isp A ada yg pake isp B

    http://frankymedia.com/60/tutorials/konfigurasi-linux-router-dengan-2-isp.html

  14. […] Possibly related posts: (automatically generated)Membuat Router Load Balancing Menggunakan Linux Ubuntu   Leave a […]

  15. faris said

    Mas minta tolong donk kalau distro opensuse untuk tutorialnya load balancing gimana caranya yach

    makasich ya mas atas bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: