Ubuntu Pasuruan

id-ubuntu Sub Loco Pasuruan

Install DNS Server di Ubuntu

Posted by admin on March 2, 2008

Langkah-langkah menginstall DNS Server di Ubuntu.

1. Install dulu daemon bind nya (software untuk dns di linux adalah bind)
#apt-get install bind9

2. Ganti dns di server lo dengan ip lo, misalnya ip lo 192.168.10.1 caranya:
#nano /etc/resolv.conf
– tulis perintah dibawah berikut –

nameserver 192.168.168.1

– berakhir di atas tulisan ini –
simpan dengan menekan ctrl+x tekan y kemudian enter

3. coba sekarang cek browsing diclient ganti dns 1 nya make ip server lo en dns 2 nya kosongin aja. kalo lo berhasil browsing maka, install dns lo dah sukses.

Cara Buat Domain.
1. setelah buat dns, lanjut dengan mengedit file named.conf
#nano /etc/bind/named.conf

2. dibagian paling bawah tulis konfigurasi berikut:
– mulai nulis di bagian paling bawah –

zone “domainlo.com” IN {
type master;
file “db.domain”;
};

zone “168.168.192.in-addr.arpa” IN {
type master;
file “db.ipadrs”;
};

– berakhir diatas tulisan ini –
simpan dengan menekan ctrl+x tekan y kemudian enter

Ket:
– Untuk bagian zone “domainlo.com” cuma permisalan doang

– Untuk bagian zone “168.168.192.in-addr.arpa” angka disini adalah ip address komputer server yang dibalik. disitu hanya contoh saja. misalnya gini, ip server lo 192.168.168.1 maka diambil tiga angka didepan dan dibalik jadi 168.168.192 . ngerti kan ? jangan dudutz-dudutz amat lah..

3. Pindahkan posisi kita ke folder /var/cache/bind
#cd /var/cache/bind

4. Buat file db.domain
#nano db.domain
– copy kan tulisan dibawah –

; domainlo.com
$TTL 604800
@ IN SOA ns1.domainlo.com. root.domainlo.com. (
2006020201 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800); Negative Cache TTL
;
@ IN NS ns1
IN MX 10 mail
IN A 192.168.168.1
ns1 IN A 192.168.168.1
;mail IN A 192.168.0.2 ; kalo punya server email selain server ini.
www IN A 192.168.168.1
ftp IN A 192.168.168.1 ; ini kalo server lo juga ada ftpnya
;client1 IN A 192.168.168.1 ; We connect to client1 very often.

– berakhir diatas tulisan ini –
simpan dengan menekan ctrl+x tekan y kemudian enter.

5. buat file db.ipadrs
– copy tulisan dibawah –

; domainlo.com
$TTL 604800
@ IN SOA ns1.domainlo.com. root.domainlo.com. (
2006020201 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800); Negative Cache TTL
;
@ IN NS ns1
IN MX 10 mail
ns1 IN PTR 192.168.168.1
1 IN PTR ns1
1 IN PTR ns1.domainlo.com

– berakhir diatas tulisan ini –
simpan make ctrl+x tekan y kemudian enter

ket: Angka 1 pada dua bagian terakhir yang bersebelahan dengan IN adalah angka belakang pada ip address. jadi kalo ip address server lo 192.168.168.10 , maka ditulis 10 . Disini permisalan ip address server kita akhirannya 1.

6. Setting file resolv.conf
#nano /etc/resolv.conf

– tulis bagian dibawah –

search domainlo.com
nameserver 192.168.168.1
domain domainlo.com
domain http://www.domainlo.com

– berakhir diatas tulisan ini –
simpen dengan ctrl+x tekan y kemudian enter.

7. Buat file options di folder /etc/network
# nano /etc/network/options
– isikan seperti dibawah ini –

ip_forward = yes
spoofprotect = yes
syncookies = no

– berakhir disini –
simpen make ctrl+x tekan y kemudian enter.

8. edit juga file hosts di folder /etc
#nano /etc/hosts

– tambahkan dibawahnya –

192.168.168.1 domainlo.com

– berakhir diatas tulisan ini –
simpen seperti biasa

9. restart program bind dan network nya
#/etc/init.d/bind9 restart
#/etc/init.d/networking restart

10. Test dengan perintah
#dig domainlo.com

15 Responses to “Install DNS Server di Ubuntu”

  1. ari said

    saya sudah ikutin…dah berhasill…cuman ko di panggil di broswer domainlo.com ga mau yah…tapi kalo ipnya mau…apa yg salah om?

  2. wahyu said

    thanks bgt,sangat membantu tugas kul guwe kali….

  3. ariesadja said

    Salam kenal mas
    Terima kasih untuk sharingnya..
    Saya berharap kita tidak cuma bisa berbagi diinternet saja
    tapi juga bisa sharing didarat
    Kalo ke banjarmasin mampir ya

  4. rakha said

    thanks setelah saya coba ternyata semuanya berhasil….nice review

  5. fahry said

    aku mau coab dulu ah?

  6. coba maksudnya sory eah….
    tRus aku mw ngucapin makasih bgt berkat web ini aku jadi tw gmn cara install dhcp,dns ETC
    makasih ea…?
    mudah2an amal baeknya di terima oleh-Nya
    amin…..
    good luck
    terusKanlah berkarya “indonesia bisa”

  7. faris17 said

    terima kasih atas ilmunya, nama sy faris.. salam kenal.. mo nanya sdkit boleh kan? distu kan ada.. root.domainlo.com. nah maksud dari atau kegunaannya apa? kan sdh diberikan nama, knapa root lagi..

  8. nciek said

    mantap dahh. .
    makasih bnget, w jdi bisa blajar buat UN komputer tahun ini..

  9. nano said

    bagus…. bisa ditambahan gak…
    kalo untuk mail servernya gmna???

  10. echy said

    sangat membantu sekali

  11. Gerry Glent si SO said

    kok pas coba db.domain ga bisa di save, permission denied

  12. echo said

    gimana caranya low mau ditambahin jabber/instant messengernya ?

  13. mantapppp tu cara install dns ………………..maksih & wasalam

  14. Kang Mamuza said

    Mohon saran untuk penjabaran ip address 192.168.168.1 apakah optional dalam artian satu jalur dengan ip network local, dan bagaimana kalau dns server dengan mikrotik gmana implementasinya. Misal ip network 192.168.168.1/24 untuk lan mikrotik jadi client 192.168.168.2 – 254 untuk ip server dns diambil dari ip lokal ini atau bisa berdiri sendiri dengan tidak satu jalur ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: